Pola Makan Yang Baik

Kita sebagai warga negara Indonesia terbiasa makan tiga kali sehari, dengan nasi sebagai “menu wajib”. Belum bisa dikatakan makan jika tanpa nasi. Makan tanpa nasi digolongkan sebagai ngemil, tidak lebih.


Masalahnya adalah, apakah pola makan seperti itu sehat?
Pola makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat.

Mengapa? Setelah saya membaca sebuah buku tentang asupan gizi ke tubuh manusia ada beberapa hal yang sangat tidak bagus jika nasi kita konsumsi secara berlebihan. Karena suplai karbohidratnya sangat besar  dan Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan meningkat tinggi jika dibiasakan seperti itu efeknya menimbulkan diabetes.
alhasil Pantas saja banyak penderita diabetes di Indonesia.

Pola makan yang lebih sehat : Tiga kali sehari.
Memang benar sih, pola makan yang baik itu 3 kali dalm sehari, tubuh sendiri membutuhkan konsentrasi yang cukup dalam bekerja, apa jadinya jika lapar. Jadi banyak kepikiran hal-hal aneh dan berdampak bagi tubuh kita sendiri .

Tipsnya yang baik seperti berikut ini:
•    Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.

•    3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar

•    Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang ini yang sangat penting jangan terlalu berlebihan bisa-bisa anda sendiri dikatakan orang yang rakus dan tau juga kan jika makanan yang berlebihan dan kekenyangan dah di katakan haram!

•    Sore hari, ba’da ashar, makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan.

•    malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.
Itu alhasil yang saya dapat dari buku tersebut. kalau diperhatikan, sebenarnya ada polanya : Makan setiap 3 jam sekali, karena perut memang merasa lapar setiap 3 jam sekali, namun kadarnya terkait dengan waktu. Atur baik-baik jadwal makan anda, saya senidri pun mengalami efeknya jika setiap kali telat waktu makan.

Catatan tambahan :
Jika anda hendak memakan buah, makanlah buah sebelum anda memakan makanan lengkap. Orang Indonesia terbiasa memakan buah – buahan setelah makan nasi, dan ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulou baru makan berat. Ketika saya menanyakan hal ini ke ahli kimia makanan, ternyata memang ada alasan ilmiahnya : Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.

Well, Semoga bermanfaat!🙂

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s