“Fakta Tentang Minyak Kayu Putih Buru,Maluku dan Manfaatnya”

         Minyak kayu putih dari Ambon sudah terkenal di seluruh Indonesia sejak ratusan tahun lalu.Bahkan popularitasnya menyebrangi lautan hingga ke daratan Eropa. Walaupun terkenal dari ambon,namun sesungguhnya bukanlah pulau atau kota ambon sebagi penghasil terbesar komoditi ini.sebab, pada dasarnya selama ini minyak kayu putih produksi yang lebih terkenal berasal dari Kabupaten buru (salah satu pulau dalam gugusan kepulaun di provinsi Maluku).

kabupaten buru merupakan salah satu daerah yang dikenal sebagai daerah penghasil minyak kayu putih yang cukup banyak di indonesia.Disana, pohon kayu putih tumbuh secara alamiah.Artinya,tanaman ini tidak pernah di budidayakan.Walaupun demikian, minyak kayu putih dikabupaten Buru cukup terkenal karena tingkat kemurnian atau keaslian yang selalu dijaga oleh para petani atau penyuling daun minyak kayu putih.
Kebanyakan orang yang mengunjungi pulau buru menjadikan minyak kayu putih sebagai oleh-oleh atau cindera mata.
Iklim kabupaten buru yang panas dan rendah curah hujannya membuat pohon ini mampu tumbuh sumbur.Memang ,pohon yang menghasilkan rendemen minyak kayu putih yang tinggi umumnya berasal dari daerah kering.Dalam hal ini apabila suhu atau iklim tempat tumbuh minyak kayu semakin kering maka kualitas minyak yang akan di hasilkan akan semakin bagus dan baik.Jenis pohon kayu putih yang tumbuh liar dikabupaten buru adalah kayu putih yang berasal dari jenis pohon Melaleuca leucadendron atau Melaleuca cajuputi.
Alasan kenapa kota Ambon menjadi terkenal sebagai penghasil minyak kayu putih ,karna keunggulan geografis .sedangkan pulau Buru dan pulau-pulau gugusan Maluku lainnya tidak memilki pelabuhan laut yang di layari kapal-kapal ke seluruh Indonesia. semua lalu lintas laut dari pulau buru dan pulau-pulau lainnya yang berada di Maluku harus melalui Ambon. kelebihan fasilitas yang di miliki ambon inilah yang menyebabkan ambon sebagai penghasil terbesar minyak kayu putih.
Alasan lain kenapa minyak kayu putih asli Pulau Buru sering dicari banyak orang karna khasiatnya dan manfaat yang di dapatkan  100 % sangat mujarab. Minyak Kayu putih dapat mengobati keluhan- keluhan seperti:

1. Masuk Angin
2. Reumatik
3. Radang Usus
4. Diare
5. Radang Kulit
6. Demam
7. Flu
8. Perut kembung serta
9. Peleman otot
10. Memberikan rasa hangat pada tubuh
11. Sakit gigi
12. Sakit kepala
13. Sakit telinga
14. Pegal- pegal dan encok
15. Kejang pada kaki
16. Gatal di gigit serangga
17. Luka baru
18. Luka bakar dan
19. Sebagai obat batuk.

Cara Pemakaian :
Oleskan pada bagian tubuh yang merasa sakit atau bagian yang memerlukan rasa hangat.
Minyak ini mengandung terutama eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpinol dan ester asetatnya , α-pinen , dan limonen

Selain itu menurut informasi dari beberapa penduduk asli dan informasi dari sumber terpercaya bagian – bagian dari kayu putih sendiri alhasil mempunyai manfaaat juga. BAGIAN YANG DIPAKAI: Kulit pohon, daun, ranting, buah.

KEGUNAAN:
Daun:
– Rematik.
– Nyeri pada tulang dan syaraf (neuralgia).
– Radang usus, diare, perut kembung.
– Radang kulit.
– Ekzema, sakit kulit karena alergi.
– Batuk, demam, flu.
– Sakit kepala, sakit gigi.
– Sesak napas (asma)

Kulit kayu: Lemah tidak bersemangat (neurasthenia). Susah tidur.

PEMAKAIAN:
Untuk minum: Daun: 10-15 g, direbus.
Pemakaian luar: Kulit atau daun secukupnya digiling halus, untuk pemakaian setempat seperti alergik dermatitis, ekzema, luka bernanah atau daun segar secukupnya direbus, airnya untuk cuci.

CARA PEMAKAIAN:
1. Rasa lesu dan lemah, insomnia:
Kulit kering sebanyak 6-10 g dipotong-potong seperlunya, direbus
dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring.
minum.

2. Rematik, nyeri syaraf, radang usus, diare:
Daun kering sebanyak 6-10 g direbus dengan 2 gelas air sampai
tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum.

3. Radang kulit, ekzema:
Daun segar sebanyak 1 genggam dicuci bersih, rebus dengan 3
gelas air air bersih sampai mendidih. Hangat-hangat dipakai untuk
mencuci bagian kulit yang sakit.

4. Luka bernanah:
Kulit muda, sedikit jahe dan asam, dikunyah, Ialu ditempelkan pada
luka terbuka yang bernanah. Ramuan ini akan menghisap nanah
dari luka tersebut dan membersihkannya.

CATATAN :

  • Sulingan minyak dari daun dan ranting dinamakan minyak kayu putih (cajeput oil), yang berkhasiat sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang sakit atau nyeri, seperti sakit gigi, sakil telinga, sakit kepala, pegal-pegal dan encok, kejang pada kaki atau menghilangkan perut kembung, gatal digigit serangga, luka baru, luka bakar, kadang sebagai obat batuk.
  • Minyak kayu putih yang murni, bila dikocok didalam botol, maka gelembung-gelembung yang terbentuk dipermukaan akan cepat menghilang. Bila minyak kayu putih dipalsukan, yaitu dicampur dengan minyak tanah atau bensin, maka gelembung-gelembung yang terbentuk setelah dikocok, tidak akan cepat menghilang.

URAIAN :
Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali setelah terjadi kebakaran. Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 400 m dpi., dapat tumbuh di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering sampai basah. Pohon, tinggi 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung kebawah. Daun tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling. Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi rata, tulang daun hampir sejajar. Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, Daun bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih. Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, daun mahkota warna putih, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan. Buah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua. Bijinya halus, sangat ringan seperti sekam, berwarna kuning. Buahnya sebagai obat tradisional disebut merica bolong. Ada beberapa varietas pohon kayu putih. Ada yang kayunya berwarna merah, dan ada yang kayunya berwarna putih. Rumphius membedakan kayu putih dalam varietas daun besar dan varietas daun kecil. Varietas yang berdaun kecil, yang digunakan untuk membuat minyak kayu putih. Daunnya, melalui proses penyulingan, akan menghasilkan minyak atsiri yang disebut minyak kayu putih, yang warnanya kekuning-kuningan sampai kehijau-hijauan. Perbanyakan dengan biji atau tunas akar.

itulah kisah sesungguhnya di balik keberadaan minyak kayu putih yang selama ini kita ketahui….
saya berharap pemerintah agar lebih turun tangan untuk memfasilitasi para petani IKM minyak kayu putih dan juga membudidayakan minyak kayu putih.

thank’s semoga bermanfaat🙂

4 thoughts on ““Fakta Tentang Minyak Kayu Putih Buru,Maluku dan Manfaatnya”

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s