Memunculkan Perasaan Bahagia

Bahagia adalah satu kata yang didambakan semua orang. Masing-masing orang memiliki definisi dan ukuran kebahagiaannya sendiri. Namun umumnya kita semua merasa bahagia jika keinginan kita telah terpenuhi, misalnya memiliki handphone, aksesoris, busana,  ataupun barang apa saja yang kita inginkan. Tetapi tahukah anda bahwa kebahagiaan hanya dipengaruhi oleh suasana hati atau perasaan saat mendapatkan hal-hal tersebut. Ketika seorang anak kecil mendapatkan mainan yang disukainya, sesungguhnya perasaan bahagia telah muncul mengalahkan segala kesedihan yang pernah dialaminya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan, seorang anak yang menangis dapat didiamkan dengan memberikannya sesuatu yang ia senangi. Bahagia adalah satu kata yang didambakan semua orang. Masing-masing orang memiliki definisi dan ukuran kebahagiaannya sendiri. Namun umumnya kita semya merasa bahagia jika keinginan kita telah terpenuhi, misalnya memiliki kekayaan, jabatan, dan barang yang diinginkan.

Tetapi tahukah anda bahwa kebahagiaan hanya dipengaruhi oleh suasana hati atau perasaan saat mendapatkan hal-hal tersebut. Ketika seorang anak kecil mendapatkan mainan yang disukainya, sesungguhnya perasaan bahagia telah muncul mengalahkan segala kesedihan yang pernah dialaminya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan, seorang anak yang menangis dapat didiamkan dengan memberikannya sesuatu yang ia senangi.

Jika seseorang mengalami hal-hal yang menyenangkan, misalnya mendapatkan gaji pertama, maka ia akan pergi berjalan-jalan ke tempat yang ia senangi, mentraktir teman-temannya, bersenang-senang, dan seterusnya. Ia melakukan hal-hal yang menyenangkan ketika ia bahagia. Namun, manakala seseorang bersedih, ia menghukum dirinya sendiri dengan mengurung dirinya di dalam kamar sambil mendengarkan lagu-lagu melankolis. Ini adalah cara yang salah dalam menghadapi kesedihan dan justru memperparah kondisi pikiran kita.

Seharusnya ketika seseorang diliputi kesedihan, ia keluar dari sangkar pikiran yang menyebabkan kesedihan itu. Tidak membiarkan sampah-sampah pikiran menambah kerumitan masalah. Dengan keluar dan berjalan-jalan ke tempat-tempat yang menyenangkan, maka perasaan tidak menyenangkan itu akan hilang dan berganti menjadi perasaan yang menyenangkan. Selain itu, kita dapat mencari sahabat yang dapat memotivasi kita untuk mengutarakan masalah dan bertukar pikiran untuk menemukan solusi permasalahan tersebut.

Cara lainnya adalah dengan mendengarkan lagu-lagu yang menggugah semangat, bernyanyi dan menari. Bergerak dan berolahragalah walaupun hanya berjogging kecil di taman. Tersenyumlah kepada diri sendiri dan orang lain. Lihatlah kepada sekeliling kita yang kualitas hidupnya di bawah kita dan membutuhkan bantuan. Bantulah mereka, walaupun hanya bantuan yang kecil dan sepele, itu akan memberi makna pada diri kita sendiri bahwa kita telah menjadi sosok yang berguna bagi orang lain. Intinya adalah lakukanlah hal-hal yang biasa kita lakukan ketika kita berbahagia jika kesedihan melanda pikiran kita.

Temukanlah hal-hal yang membuat anda bahagia, apakah di antara bacaan yang menggugah semangat atau di antara orang-orang yang anda cintai, maka itu akan menjadi obat yang mujarab untuk memunculkan perasaan bahagia. Inilah kunci untuk memanipulasi perasaan agar selalu bahagia.

Perlu diingat bahwa di sini kita hanya memunculkan perasaan bahagia guna menjernihkan pikiran kita agar solusi permasalahan kita bisa ditemukan. Ini berbeda dengan berpura-pura bahagia yang tidak membawa pada ketenangan pikiran dan pemecahan masalah. Juga tidak disarankan untuk memanipulasi perasaan bahagia melalui penggunaan obat-obat yang merangsang  pikiran dan menyebabkan kecanduan karena ini justru menambah masalah.

Hidup tidak akan ada masalah dan kesedihan jika kita tidak mempermasalahkannya dan tidak terus larut dalam kesedihan. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s