Jadi Entrepreneur atau Cari Kerja Ya?

KEKHAWATIRAN mendapatkan pekerjaan setelah selesai kuliah tentu melanda diri mahasiswa. begitupun saya juga,Sebab gelar yang didapat bukan jaminan untuk mudah mendapat pekerjaan.

Daripada terus-menerus khawatir dan pusing memikirkan lapangan kerja yang tersedia, lebih baik kamu mencoba menciptakan lapangan kerja. Menjadi seorang wirausaha akan mendatangkan banyak manfaat, baik bagi pribadi maupun orang lain.

Lantas, bagaimana cara untuk memulai suatu usaha? Berikut beberapa tips di bawah ini yang mungkin dapat membantu teman-teman pembaca sekalian:

Langkah pertama, tulis rencana bisnismu.
Apa sih rencana bisnis itu? Rencana bisnis merupakan penjabaran mengenai ide bisnis yang kamu miliki, mulai dari spesifikasi produk yang akan kamu tawarkan (barang atau jasa), perhitungan kasar pendapatan yang bisa diraih, hingga konsumen. Pentingnya rencana bisnis ketika akan memulai usaha adalah dapat menyesuaikan modal (keuangan) dengan ide bisnis yang kamu miliki.

Langkah kedua, tentukan nama usaha tersebut.
Jika rencana bisnis tersebut sudah matang, tentukan nama usaha atau produk tersebut. Meski terdengar sederhana, pemilihan nama usaha dapat menarik perhatian masyarakat. Semakin unik nama sebuah usaha, maka orang akan semakin tertarik untuk mencoba atau menggunakannya.

Langkah ketiga, promosi.
Manfaatkan semua sarana promosi yang ada( pasti taukan). Mulai dari cara konvensional, yakni pemberitahuan mulut ke mulut hingga menggunakan jejaring sosial yang lagi trend saat ini,seperti blog, facebook, dan twitter.

Langkah keempat, manjakan pelanggan.
Pembeli adalah raja. Ungkapan ini harus menjadi kunci utama ketika menjalani sebuah usaha. Pelanggan yang merasa puas atas pelayanan yang kamu berikan, tidak akan segan menjadi pelanggan setia dan menyebarkannya kepada teman-teman lain. Lumayan untuk menjadi media promosi gratis.

Dan Terakhir, puaskan dirimu.
Saat memulai suatu bisnis, hal terpenting yang harus kamu ingat adalah pilih bidang usaha yang memang kamu minati bukan hanya bidang usaha yang menjanjikan banyak keuntungan.
Selain menjalani usaha dengan perasaan senang, memilih bidang usaha sesuai skill yang  akan membuatmu bangkit kembali atau berusaha lebih giat ketika kamu merasa stres atau kewalahan dalam menjalankan usaha tersebut.

Berawal dari sebuah ide sederhana yang direalisasikan, nantinya akan berkembang menjadi sebuah usaha yang besar. Jika belum berhasil, kamu tidak perlu kecewa karena kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda.

Selamat mencoba! all…..🙂

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s