Tips Membuat Jadwal Kuliah

KETIKA kuliah, kita memiliki banyak kesempatan untuk mencicipi berbagai kegiatan. Selain belajar, kita bisa bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, ikut kegiatan ekstrakurikuler, hingga menjadi sukarelawan.

Tapi, banyak kegiatan terkadang juga membuat kita kelelahan. Karena itu, kita pun harus bisa menyusun jadwal kuliah dan kegiatan lainnya secara efektif. Nah, sebelum menyusun jadwal kegiatanmu, yuk kita pertimbangkan hal-hal berikut:

 Susun ‘puzzle’

Bayangkanlah kehidupanmu seperti sebuah puzzle yang menghasilkan imaji utuh tentang dirimu. Dengan begitu, agenda yang kamu susun juga merupakan potongan-potongan kongruen tentang siapa dirimu.
Kuncinya, pilihlah kegiatan di luar kuliah yang cocok dan sesuai dengan minatmu. Kemudian sesuaikan jadwalnya dengan waktu belajarmu.

Alasan

Ketika memilih suatu kegiatan, pastikan kamu memiliki alasan yang tepat atas pilihanmu itu. Misalnya, apakah kamu bergabung dengan organisasi atau menjadi sukarelawan untuk membuat curriculum vitae (CV)-mu terlihat bagus?
Perlu diingat, ketika kamu melakukan sesuatu hanya untuk ‘membangun resume’-mu, maka kamu cenderung akan sering merasa kelelahan dan bosan, serta menjauhkanmu dari kegiatan yang sebenarnya kamu nikmati.

Tujuan

Apa tujuanmu dalam hidup ini? Apakah beragam kegiatan yang kamu lakukan membantumu mencapai hal tersebut?
Jawaban atas pertanyaan tersebut tidak hanya dapat membantumu ‘menemukan’ dirimu, tetapi juga kamu ingin menjadi seperti apa di masa depan.
Jika kamu masih belum yakin, persempit pilihan kegiatanmu pada hal-hal yang membuatmu bahagia dan memancing minatmu yang sebenarnya.

Selanjutnya apa?

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kamu menikmati kegiatan yang kamu lakukan? Apa yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi jadwalmu dengan kegiatan yang membuatmu bersemangat?

Sekarang, sebelum mulai menyusun agenda, pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ya. Dengan begitu, kamu enggak akan menyia-nyiakan waktu, tenaga, dan gairahmu dalam melakukan hal-hal yang tidak berguna

Semoga bermanfaat🙂

2 thoughts on “Tips Membuat Jadwal Kuliah

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s