Tips Tetap Sehat Meski Kurang Tidur

Tidur memainkan peran yang penting untuk menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan.  waktu kita tidur terjadi banyak kegiatan atau aktivitas dalam tubuh  yang memainkan peran untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dan mengoptimalkan tubuh pada saat bangun tidur.Tapi pada beberapa orang ada yang mendapatkan jumlah waktu tidur sedikit. bisa di karnakan pekerjaan yang di gelutinya ataupun terkena insomnia yang bagi kebanyakn orang itu sering terjadi, Bagaimana cara tetap sehat meski kurang tidur?

Jika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka ia akan merasa lelah, lesu, murung, pelupa, wajah keliatan cepat tua ,mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi serta ada kemungkinan lebih sering sakit karena daya tahan tubuh yang menurun.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang agar tubuhnya tetap sehat walaupun mendapatkan waktu tidur yang kurang. berikut tips yang bermanfaat :

1. Sebisa mungkin mendapatkan waktu untuk tidur siang
Jika memang tidak mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, maka cobalah mendapatkan sedikit waktu untuk tidur siang meski hanya 15 menit.

Hal ini bisa membantu mengisi ulang tenaga dan otak serta mempersiapkan tubuh untuk beberapa jam berikutnya.

2. Melakukan olahraga setiap hari
Olahraga yang dilakukan tak harus berat atau yang kuat, tapi bisa dengan pergi jogging atau bersepeda di sekitar lingkungan selama 30 menit.

Ini akan membantu Anda mengeluarkan energi berlebih di tubuh sehingga bisa tidur cepat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

3. Hindari makan sebelum tidur
Usahakan untuk makan atau cemilan terakhir dilakukan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan saat tidur, tubuh akan istirahat dan tidak melakukan proses pencernaan yang berat, sehingga tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

4. Jangan konsumsi stimulan sebelum tidur
Secangkir kopi termasuk salah satu stimulan, kalau ingin konsumsi kopi sebaiknya 6 jam sebelum tidur.

Hal ini karena jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

5. Rileks sebelum tidur
Usahakan untuk mematikan komputer, televisi dan elektronik lainnya 1 jam sebelum tidur karena melihat layar atau cahaya bisa mengelabui otak untuk berpikir bahwa hari masih terjaga.

Sedangkan meredupkan lampu dan mematikan elektronik bisa menenangkan pikiran dan tubuh dan kualitas tidur akan meningkat.

7 thoughts on “Tips Tetap Sehat Meski Kurang Tidur

    • hem….
      kalo saran saya .. usahakan ad olaharaganya mas … walaupun bukan olahraga yg berat
      ex: jalan2 dan keliling bersepeda..
      hm.. manfaatkan setiap waktu dan kesempatan yg ad🙂

Alangkah Indahnya Jika Komentarmu Turut Menghiasi Blog Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s